Pentingnya Organisasi ketika Kuliah

Minggu, 17 Juli 2011


Salam Pemberontak Intelektual
Emm, beberapa waktu ini, banyak yang curhat ma aku. Espescially beberapa teman-teman yang masih baru. “Mas, aku kok bingung , kuliah mau ngapain??” Nah lo….
Pertanyaan pertama, apa tujuan kalian kuliah?? Saya yakin pasti pada pengen mendapatkan pekerjaan yang bagus. Nah, apa dengan kuliah saja cukup?? Jelas tidak. Kuliah hanya akan membekali kalian dalam bentuk hard skill. Skill yang memang dibutuhkan untuk menjadi seorang pekerja. Dengan serius menjalani kuliah dan tidak asal-asalan, hard skill itu pasti cukup untuk jadi ‘bekal’ memasuki dunia kerja.
Nah, tapi aa cuma itu yang dibutuhkan perusahaan?? Ternyata tidak. Banyak perusahaan lebih membutuhkan pekerja yang memiliki kemampuan analitis, mampu mengambil keputusan dan pintar dalam manajemen organisasi. Semuanya bersifat soft skill. Dan untuk mendapatkannya, kamu harus mengikuti organisasi.
Pengalaman organisasi akan mendidik kita dalam mengambil kepuusan yang tepat dalam waktu yang singkat, melatih kita berada di bawah tekanan serta melatih daya analisis kita. Kemampuan bernegosiasi juga akan terlatih jika kita banyak mengadakan acara.
So, bagaimana ikut berorganisasi yang bagus?? Tips dari saya, ikutlah organisasi yang benar-benar menarik minat kamu. jangan memaksakan mengikuti organisasi besar. Tancapkan dalam hati kalau nantinya kamu akan memimpn organisasi tersebut. So, kamu akan menapak dari bawah namun terarah. Ada tujuan yang sangat jelas disitu.
Perlahan-lahan, soft skill kamu akan terasah dengan sendirinya karena hari-harimu akan diisi dengan diskusi, rapat dan keharusan mengambil keputusan saat itu juga. Seseorang yan berorganisasi dan tidak akan terlihat dari cara dia berargumen dan cara dia menyampaikan pendapat.
Efek lain dari berorganisasi adalah kamu akan membangun jejaringmu sendiri. Dan ini akan sangat bagus buat kamu kedepannya. Sebagai contoh, saya bisa mendapatkan pekerjaan sebagai jurnalis karena jejaring saya yang sangat kuat. Saya membangun jejaring jurnalistik saya sejak tahun pertama kuliah. Banyak orang jurnalistik yang saa kenal.
Oke, masih belum jelas?? Atau ada pendapat lain?? Ayo kita berdiskusi !!

Bagikan

0 komentar:

Go.. Blog ( Google in Blog )

HMJ TE

HMJ TE
Himpunan Mahasiswa Jurusan TE

Motiva Blog

Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh. ~ Andrew Jackson

silahkan Berkunjung


ShoutMix chat widget

Tayangan Laman